Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh kali ini masih bersama saya farih sido .saya kali ini akan membagikan Modul saya tentang Bab 1 pendahuluan Teknik bodi Kendaraan dan SEJARAH BODI KENDARAAN yang saya ambil dari Buku Bse .Jadi yang bisa membaca buku ini bukan hanya anak SMK atau Mahasiswa Teknik saja tetapi juga Masyarakat Umum juga bisa mempelajarinya untuk mengetahui bagaimana sejarah mobil sebetulnya.Terimakasih dan semoga bermanfaat
Bab 1 Pendahuluan
Kendaraan
bermotor merupakan salah satu alat bantu transportasi yang digunakan manusia
untuk berpindah dari tempat yang satu ket tempat yang lainnya. Awal abad
19-an,kendaraan hanya difungsikan sebagai alat transportasi belaka,tak heran
bila proses pembuatannya belum menjamah aspek estetika dan kenyamanan .yang
penting roda bisa berputar ,sehingga pengguna bisa mencapai tujuan dengan waktu
yang lebih singkat.
-Sejarah Bodi Kendaraan
Sekitar tahun
1896-1910bodi kendaraan masih terbuat dari kayu untuk bagian chasis maupun
bodinya .Hal ini masih terpengaruh dengan bodi kereta kuda saat itu .kayu yang
digunakan memiliki ketebalan sekitar 10 mm .sambungan antar komponen
menggunakan paku yang terbuat dari besi tempa.Untuk bagian atap kendaraan,ada
yang menggunakan kain biasa,kain kanvas,namun ada juga yang menggunakan kayu
dengan tujuan agar bodi bisa kuat.
Pada tahun 1921 ,Weymann memperkenalkan konstruksi lantai
yang menjadi penopang komponen bodi yang lain,seperti dinding kendaraan serta
kursi kendaraan.Lantai sengaja dibuat dari bajan yang kuat,sedangkan komponen
yang lain bisa dibuat dari komponen yang ringan.Sambungan dinding dengan
laintai menggunakan plat baja yang dibaut,dan untuk menghilangkan celah antar
sambungan biasanya digunakan kayu.Panel-panel terbuat dari kain,kanvas dan
bagian luar menggunakan kulit.akan tetapi bahan ini memiliki umur yang pendek.
Setelah permintaan kendaraan meningakat,maka
diperlukan suatu proses pembuatan bodi yang cepat dan dapat diproduksi
massal.Perkembangan teknologi logam saat itu ikut mempercepat perkembangan
teknologi bodi kendaraan ,dimana besi bisa diolah dan dibentuk dengan
menggunakan mesin press.
Baru pada tahun 1927 secara keseluruhan bodi
kendaraan terbuat dari logam,dimana bodi kendaraan yang terdiri dari berbagai
komponen telah dibuat dari lembaran plat yang dibentuk/dipress .Dengan
perkembangan cara pengolahan logam yang semakin meningkat,maka produksi
kendaraan juga dapat meningkat.
Permintaan kendaraan yang terus
meningkat,menyebabkan terjadi persaingan antar perusahaan dalam memproduksi
kendaraan.ahli-ahli teknik bodi tiap perusahaan berusaha menciptakan bodi
kendaraan sesuai dengan kebutuhan,ergonomi dan memiliki kenyamanan bagi
pengemudi dan penumpangnya.
Perkembangan teknologi bodi dibagian chassis
dari tahun ke tahun juga mengalami kemajuan.Sebagai contoh ,roda kendaraan yang
semula memiliki diameter tidak sam ,roda belakang yang lebih besar dari pada
roda depan,jari-jari terbuat dari bahan kayu dan roda dilapis logam baja
menjadi roda yang sudah menggunakan karet dan velg logam baik besi ataupun
alumunium.Bahkan sekarang teknologi ban sudah tidak memakai ban dalam
(Tubelesss tire) yang lebih aman dan mudah penggunaannya .
Atap kendaraaan (Head lining ) yang semula
hanya terbuat dari kain,kemudian bergeser terbuat dari vinil maupun plastik
yang lebih menarik bentuknya dan mudah dibersihkan .proses pemasangannya pun
relatig mudah dapat menggunakan adhesive (lem)
Kenyamanan penumpang dalam berkendara juga
selalu ditingkatkan,misalnya tempat duduk yang memiliki pegas dan dapat diatur
posisinya ,interior seperti door trim,panel-panel dashboard yang terbuat dari
bahan vanili atau plastik bahkan lantai karpet yang mudah dibersihkan .Sistem
kemudi yang dahulu menggunakan tongat berubah menjadi roda kemudi,tuas pemindah
gigi percepatan juga menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan masih banyak
kemajuan yang lainnya.
Sistem kelistrikan juga
mulai dikembangkan.pada awalnya lampu kendaraan menggunakan minyak,kemudian
berkembang menggunakan acetylene(Karbit) dan sekarang menggunakan baterai
sebagai sumber listrik .Fungsi lampu yang dahulu hanya sebagai alat penerangan di malam hari,saat ini lampu
juga dijadikan sebagai isyarat dan rambu-rambu dalam meningkatkan keselamatan
berkendara.Lampu-lampu juga menjadi kepentingan asesoris kendaraan untuk
meningkatkan tampilan kendaraan.
Perkembangan bodi
kendaraan,juga memegang peranan penting dalam hal kemampuan kendaraan .pertama
kali kendaraan mesin uap Cugnot diciptakan ,hanya bisa berjalan sekitar 5km/jam
,akan tetapi saat ini kendaran sudah bisa berjalan dengan kecepatan diatas
100km/jam.Namun tetap nyaman,aman dan tidak berisik .kebanyakan orang mungkin
hanya berpendapat bahwa kecepatan tergantung dari mesinnya akan tetapi saat ini
orang mulai menyadari bahwa kecepatan kendaraan juga dipengaruhi oleh
stabilitas kendaraan serta bentuk dan permukaan bodi kendaraan.Seperti di arena
balap,aerodinamika suatu kendaraan sangatlah penting untuk mencapai kecepatan
dan kestabilan kendaraan,demikian halnya dengan kendaraan biasa,sekarang bodi
menjadi salah satu hal yang sangat penting dan selalu dilakukan pengembangan.
Kontruksi bodi kendaraan
Bagian mobil terbagi
dalam 2 kelompok besar yaitu bodi dan chassis .bodi adalh bagian dari kendaraan
yang dibentuk sedemikian rupa,(pada umumnya) terbuat dari bahan plat logam
(Steel Plate) yang tebalnya antara 0,6mm-0,9mm sebagai tempat penumpang maupun
barang.
Chassis adalah bagian
dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi dan terdiri dari frame(rangka),engine (mesin),Power train(Pemindah
tenaga),wheels(roda-roda),steering system (sistem kemudi),suspension system (sistem suspensi),Brake System (sistem rem) dan
kelengkapan lainnya
Berdasar pada konstruksi
menempelnya bodi pada rangka,maka terdapat 2 jenis konstruksi bodi kendaraan
,yaitu kontruksi composite (terpisah
)dan konstruksi monocoq(menyatu)
Rangka merupakan tempat
menempelnya semua komponen kendaraan termasuk bodi.Rangka harus
kuat,ringan,kukuh dan tahan terhadap getaran,atau goncangan yang diterima dari
kondisi jalan.Agar kuat makakonstruksi rangka ada kotak ,bentuk U atau
pipa,yang pada umumnya terdiri dari dua batang yang memanjang dan dihubungkan
dengan bagian yang melintang.pada awalnya perkembangan teknologi bodi dan
rangka kendaraan,bodi dan rangka dibuat secara terpisah (composite body) namun
akhir-akhi ini bodi dan rangka dibuat menyatu (monocoque body/Integral body)
khususnya pada kendaraan sedan
Konstruksi terpisah
(composite)
Merupakan jenis
konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangkanya
terpisah.pertautan/penyambungan antara bodi dan rangka menggunakan baut dan
mur.Untuk meningkatkan kenyamanan saat digunakan,maka diantara bodi dan rangka dipasang
karet peredam getaran.
Konstruksi bodi dan rangka yang terpisah ini memberikan kemudahan dalam
penggantian bagian bodi kendaraan yang mengalami kerusakan,terutama bodi bagian
bawah atau putusnya rangka.konstruksi ini biasanya digunakan pada kendaraan
sedan tipe lama,kendaraan penumpang dan mobil angkutan barang( misal truk,bus
,pick up,)
Kontruksi
Menyatu(Monocoque)
Merupakan jenis
konstrukdi bodi kendaraan diman bodi dan rangka tersusun menjadi satu keastuan.konstruksi
ini menggunakan prinsip kulit telur yaitu,merupakan satu kesatuan yang utuh
sehingga semua beban terbagi merata pada semua bagian kulit. Pertautan antara
bodi dan rangka menggunakan las.
Karena bodi dan rangka
menyatu ,maka bentuknya dapat menjadi lebih rendah dibanding dengan tipe
composite sehinggga titik berat gravitasi lebih rendah menyebabkan kendaraan
akan lebih stabil.Konstruksi ini digunakan pada sedan,bahkan beberapa kendaraan
(Multi Purpose vehicle) mulai menerapkan konstruksi monocoq body
Jenis-jenis rangka
Berdasarkan bentuknya rangka kendaraan dibedakan menjadi beberapa macam
yaitu :
1. Rangka bentuk H
2. Rangka Perimeter
3. Rangka bentuk X
4. Rangka bentuk tulang punggun/backbone
5. Rangka bentuk lantai (platform frame)
Rangka bentuk H
Konstruksinya sangat sederhana ,mudah dibuat,banyak digunakan untuk
kendaraan bus,truck.
Rangka perimeter
Rangka perimeter merupakan penyempurnaan bentuk H ,bodi menempel pada
pinggir rangka sehingga posisi lantai dapat diturunkan.Penurunan lantai
kendaraan akan menurunkan titik pusat berat kendaraan dan tinggi kendaraan
sehingga pengemudian mantap,ruang penumpang menjadi lebih leluasa ,banyak
digunakan untuk sedan
Rangka bentuk X
Konstruksi rangka balok terdiri atas dua batng rangka utama berbentuk
memanjang disatukan dibagian tengah.Tempat pertautan dengan bodi dan pintu
dapat dibuat rendah sehingga memudahkan keluar masuk kendaraan ,kuat terhadap
putaran,digunakan untuk tipe sedan lama.
Rangka bentuk tulang
Punggung (Backbone)
Kontruksi rangka merupakan rangka model tunggal,bagian tengah,memikul
beban(punggung) dan lengan yang menonjol sebagai pemegang bodi.Konstruksi rangka
semacam ini juga memungkinkan titik pusat berat kendaraan dibuat lebih
rendah.Konstruksi rangka model ini sering digunakan untuk mobil penumpang dan
truck.
Rangka Model Lantai
(Platform frame)
Bodi dan rangka dilas menjadi satu,sehingga merupakan bentuk yang
diintegrasikan ,memungkinkan ruang interior dibuat luas.Kelebihan lain
penggunaan konstruksi rangka model ini adalah memiliki ketahanan yang cukup
baik terhadap bengkokan dan puntiran.
-Desain bodi
Kendaraan
Pada awalnya kendaraan
diciptakan ,bodi kendaraan hanya berfungsi sebagai tempat penumpang agar
terlindung dari panas dan hujan sehingga bentuknya sederhana karena dipengaruhi
oleh perkembangan teknologi motor dan trend semakin maju,maka desain kendaraan
mulai diperhatikan. Di industri pembuatan mobil,desain dari sebuah produk
dirancang oleh beberapa ahli dari berbagai disiplin ilmu.
Dalam mendesain
kendaraan,perkembangan ilmu dari gambar teknik sangatlah cepat.Dari gambar
teknik secara manual berubah menjadi gambar teknik dengan komputer
desain(misalnya Auto CAD) bahkan rancangan tersebut sudah dapat disimulasikan
apabila sudah dibuat sesungguhnya,baikdari bentuk,warna truktur bodi maupun
aerodinamikanya.dengan teknologi komputer ini menyebabkan proses mendesain bodi
kendaraan akan lebih cepat dan hasilnya akan maksimal.
Setelah digambar,maka kendaraan yang akan dibuat massal tersebut ,kemudian
dibuat prototipenya.Prototipe pada awalnya dibuat dari bahan kayu,kemudian
berkembang dibuat dari bahan wax(lilin) dan clay (tanah liat,lempung ) yang
relatif mudah dibentuk
Ukuran dari prototipe bisa dibuat dengan ukuran sesungguhnya,atau juga
dapat dibuat dengan skala (biasanya diperkecil) .Selama membuat prototipe
tersebut ,diperlukan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang sebaik
mungkin,bahkan sampai pada sudut kecil dari kendaraan.
Terdapat 3 komponen
penting dalam perancangan bodi kendaraan yaitu:
1. Desain Eksterior
2. Desain interior
3. Desain warna dan trim
Seorang perancang bodi eksterior bertanggung
jawab mendesain bodi secara keseluruhan yang terlihat dari luar ,baik dari
depan,belakang,samping kanan dan kiri ,atas maupun bawah dari kendaraan.
Perancang bodi interior
bertanggung jawab mengembangkan bagian dalam kendaraan seperti
kursi,ruangan,dashboard,trim dan sebagainya .rancangan tersebut harus memenuhi
aspek ergonomi,estetika dan kenyamanan penumpang.Seperti halnya dengan
eksterior,bagian interior juga dibuat prototipe terlebih dahulu.dengan cara
ini,diharapkan kendaraan yang akan dibuat nanti memenuhi rancangan sebelumnya
dan bisa mencoba untuk dirasakan . berikut ini teknisi yang sedang mendesain
interior
Gambar pembuatan model interior mobil
Sedangkan perancang warna
dan trim bertanggung jawab meneliti
,mendesain dan mengembangkan warna dan bahan yang digunakan dalam eksterior
maupun interior kendaraan.Termasuk didalamnya adalah car dan pengecatan serta
bahan-bahan yang digunakan seperti plastik,karet,vinil,kulit ,headliner,karpet,fiberglass
dan lain sebagainya.ketiga tim desainer ini harus bekerjasama untuk membuat
sebuah kendaraan yang kompak.
Mesin
Mesin atau motor
merupakan sumber tenaga dari kendaraan .Dilihat dari jenisnya,motor terdiri
dari motor listrik,motor nuklir,motor bakar dan lain sebagainya.Khusus untuk
motor bakar ,berdasarkan lokasi terjadinya pembakaran,mesin dibagi menjadi 2
jenis yaitu:
1. Mesin pembakaran luar (external combution engine )contoh mesin uap
2. Mesin pembakaran dalam (internal combustion engine )seperti mesin
bensin,mesin diesel dan mesin wankel
Kebanyakan mesin pada mobil menggunakan
mesin pembakaran dalam denga n memanfaatkan piston,dan yang selalu dikembangkan
saat ini adalah mesin bensin dan mesin diesel.
Untuk
mendapatkan tenaga gerak kendaraan,diperlukan energi panas yang diperoleh dari
proses pembakaran .untuk menimbulkan energi gerak tersebut dibutuhkan beberapa
elemen pendukung yaitu:
·
Udara,bahan bakar ,panas
·
Gerak bolak balik dan gerak berputar
·
Kompresi pada campuran udara bahan
bakar
·
Siklus mesin
Syarat terjadi pembakaran meliputi bahan
bakar (premium,solar,biodiesel dan lainnya),oksiden dan panas (sistem pengapian
pada mesin bensin atau panas kompresi pada mesin diesel) proses pembakaran ini
akan berlangsung secara berurutan dalam suatu siklus kerja yang akan
berulang-ulang.Siklus kerja ini terdiri dari:
1. Mengisi silinder dengan campuran yang mudah terbakar(Langkah isap)
2. Menekan campuran tersebut sampai pada volume tertentu(Langkah kompresi)
3. Menyalakan campuran sehingga mengembang dan menghasilkan tenaga (langkah
usaha)
4. Mengeluarkan gas-gas yang telah terbakar dari dalam silinder (langkah
buang)
Keempat
langkah tersebut secara berurutan dengan langkah isap,kompresi,usaha
,buang,siklus mesin sendiri dibagi menjadi 2 yaitu siklus mesin 4 langkah/tak
dan mesin 2 langkah/tak.Mesin 4 langkah dalam satu siklusnya terdapat 4 langkah
piston,2 keatas dan 2 kebawah .sehingga dalam siklusnya tercapai dalam 2
putaran poros engkol.sedang mesin 2 langkah dalam satu siklusnya terdapat 2
kali langkah piston 1 keatas dan 1 kebawah,dibawah dicapai dalam 1 putaran
poros engkol.
Besarnya tenaga daya
motor yang dihasilkan oleh suatu mesin tergantung dari:
v Volume silinder
v Diameter silinder
v Perbandingan kompresi
v Efisiensi volumetric
v Efisiensi Thermis
v Efisiensi mekanis
Kapasitas mesin dinyatakan dalam satuan cc (centimeter cubic) atau juga
liter.kapasitas mesin ini juga bisa dijadikan indikator besarnya tenaga ferak
yang akan dihasilkan,walaupun demikian untuk cc yang sama belum tentu memiliki
tenaga yang sama.Terdapat variabel diameter piston,langkah engkol maupun
konstruksi dari mesin itu sendiri .kapasitas silinder diperoleh dari rumus
No comments:
Post a Comment