Tuesday, July 4, 2017

Sejarah Bodi Kendaraan LENGKAP Teknik Bodi Kendaraan

Assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh kali ini masih bersama saya farih sido .saya kali ini akan membagikan Modul saya tentang Bab 1  pendahuluan Teknik bodi Kendaraan dan SEJARAH BODI KENDARAAN yang saya ambil dari Buku Bse .Jadi yang bisa membaca buku ini bukan hanya anak SMK atau Mahasiswa Teknik saja tetapi juga Masyarakat Umum juga bisa mempelajarinya untuk mengetahui bagaimana sejarah mobil sebetulnya.Terimakasih dan semoga bermanfaat 






Bab 1 Pendahuluan

            Kendaraan bermotor merupakan salah satu alat bantu transportasi yang digunakan manusia untuk berpindah dari tempat yang satu ket tempat yang lainnya. Awal abad 19-an,kendaraan hanya difungsikan sebagai alat transportasi belaka,tak heran bila proses pembuatannya belum menjamah aspek estetika dan kenyamanan .yang penting roda bisa berputar ,sehingga pengguna bisa mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat.







-Sejarah Bodi Kendaraan
            Sekitar tahun 1896-1910bodi kendaraan masih terbuat dari kayu untuk bagian chasis maupun bodinya .Hal ini masih terpengaruh dengan bodi kereta kuda saat itu .kayu yang digunakan memiliki ketebalan sekitar 10 mm .sambungan antar komponen menggunakan paku yang terbuat dari besi tempa.Untuk bagian atap kendaraan,ada yang menggunakan kain biasa,kain kanvas,namun ada juga yang menggunakan kayu dengan tujuan agar bodi bisa kuat.

           
Pada tahun 1921  ,Weymann memperkenalkan konstruksi lantai yang menjadi penopang komponen bodi yang lain,seperti dinding kendaraan serta kursi kendaraan.Lantai sengaja dibuat dari bajan yang kuat,sedangkan komponen yang lain bisa dibuat dari komponen yang ringan.Sambungan dinding dengan laintai menggunakan plat baja yang dibaut,dan untuk menghilangkan celah antar sambungan biasanya digunakan kayu.Panel-panel terbuat dari kain,kanvas dan bagian luar menggunakan kulit.akan tetapi bahan ini memiliki umur yang pendek.
Setelah permintaan kendaraan meningakat,maka diperlukan suatu proses pembuatan bodi yang cepat dan dapat diproduksi massal.Perkembangan teknologi logam saat itu ikut mempercepat perkembangan teknologi bodi kendaraan ,dimana besi bisa diolah dan dibentuk dengan menggunakan mesin press.
Baru pada tahun 1927 secara keseluruhan bodi kendaraan terbuat dari logam,dimana bodi kendaraan yang terdiri dari berbagai komponen telah dibuat dari lembaran plat yang dibentuk/dipress .Dengan perkembangan cara pengolahan logam yang semakin meningkat,maka produksi kendaraan juga dapat meningkat.










Permintaan kendaraan yang terus meningkat,menyebabkan terjadi persaingan antar perusahaan dalam memproduksi kendaraan.ahli-ahli teknik bodi tiap perusahaan berusaha menciptakan bodi kendaraan sesuai dengan kebutuhan,ergonomi dan memiliki kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Perkembangan teknologi bodi dibagian chassis dari tahun ke tahun juga mengalami kemajuan.Sebagai contoh ,roda kendaraan yang semula memiliki diameter tidak sam ,roda belakang yang lebih besar dari pada roda depan,jari-jari terbuat dari bahan kayu dan roda dilapis logam baja menjadi roda yang sudah menggunakan karet dan velg logam baik besi ataupun alumunium.Bahkan sekarang teknologi ban sudah tidak memakai ban dalam (Tubelesss tire) yang lebih aman dan mudah penggunaannya .  
Atap kendaraaan (Head lining ) yang semula hanya terbuat dari kain,kemudian bergeser terbuat dari vinil maupun plastik yang lebih menarik bentuknya dan mudah dibersihkan .proses pemasangannya pun relatig mudah dapat menggunakan adhesive (lem)

Kenyamanan penumpang dalam berkendara juga selalu ditingkatkan,misalnya tempat duduk yang memiliki pegas dan dapat diatur posisinya ,interior seperti door trim,panel-panel dashboard yang terbuat dari bahan vanili atau plastik bahkan lantai karpet yang mudah dibersihkan .Sistem kemudi yang dahulu menggunakan tongat berubah menjadi roda kemudi,tuas pemindah gigi percepatan juga menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan masih banyak kemajuan yang lainnya.
           
            Sistem kelistrikan juga mulai dikembangkan.pada awalnya lampu kendaraan menggunakan minyak,kemudian berkembang menggunakan acetylene(Karbit) dan sekarang menggunakan baterai sebagai sumber listrik .Fungsi lampu yang dahulu hanya sebagai  alat penerangan di malam hari,saat ini lampu juga dijadikan sebagai isyarat dan rambu-rambu dalam meningkatkan keselamatan berkendara.Lampu-lampu juga menjadi kepentingan asesoris kendaraan untuk meningkatkan tampilan kendaraan.

            Perkembangan bodi kendaraan,juga memegang peranan penting dalam hal kemampuan kendaraan .pertama kali kendaraan mesin uap Cugnot diciptakan ,hanya bisa berjalan sekitar 5km/jam ,akan tetapi saat ini kendaran sudah bisa berjalan dengan kecepatan diatas 100km/jam.Namun tetap nyaman,aman dan tidak berisik .kebanyakan orang mungkin hanya berpendapat bahwa kecepatan tergantung dari mesinnya akan tetapi saat ini orang mulai menyadari bahwa kecepatan kendaraan juga dipengaruhi oleh stabilitas kendaraan serta bentuk dan permukaan bodi kendaraan.Seperti di arena balap,aerodinamika suatu kendaraan sangatlah penting untuk mencapai kecepatan dan kestabilan kendaraan,demikian halnya dengan kendaraan biasa,sekarang bodi menjadi salah satu hal yang sangat penting dan selalu dilakukan pengembangan.

            Kontruksi bodi kendaraan
            Bagian mobil terbagi dalam 2 kelompok besar yaitu bodi dan chassis .bodi adalh bagian dari kendaraan yang dibentuk sedemikian rupa,(pada umumnya) terbuat dari bahan plat logam (Steel Plate) yang tebalnya antara 0,6mm-0,9mm sebagai tempat penumpang maupun barang.
            Chassis adalah bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bodi dan terdiri dari frame(rangka),engine (mesin),Power train(Pemindah tenaga),wheels(roda-roda),steering system (sistem kemudi),suspension system (sistem suspensi),Brake System (sistem rem) dan kelengkapan lainnya

            Berdasar pada konstruksi menempelnya bodi pada rangka,maka terdapat 2 jenis konstruksi bodi kendaraan ,yaitu kontruksi composite (terpisah )dan konstruksi monocoq(menyatu)


            Rangka merupakan tempat menempelnya semua komponen kendaraan termasuk bodi.Rangka harus kuat,ringan,kukuh dan tahan terhadap getaran,atau goncangan yang diterima dari kondisi jalan.Agar kuat makakonstruksi rangka ada kotak ,bentuk U atau pipa,yang pada umumnya terdiri dari dua batang yang memanjang dan dihubungkan dengan bagian yang melintang.pada awalnya perkembangan teknologi bodi dan rangka kendaraan,bodi dan rangka dibuat secara terpisah (composite body) namun akhir-akhi ini bodi dan rangka dibuat menyatu (monocoque body/Integral body) khususnya pada kendaraan sedan

Konstruksi terpisah (composite)
            Merupakan jenis konstruksi bodi kendaraan dimana bodi dan rangkanya terpisah.pertautan/penyambungan antara bodi dan rangka menggunakan baut dan mur.Untuk meningkatkan kenyamanan saat digunakan,maka diantara bodi dan rangka dipasang karet peredam getaran.
Konstruksi bodi dan rangka yang terpisah ini memberikan kemudahan dalam penggantian bagian bodi kendaraan yang mengalami kerusakan,terutama bodi bagian bawah atau putusnya rangka.konstruksi ini biasanya digunakan pada kendaraan sedan tipe lama,kendaraan penumpang dan mobil angkutan barang( misal truk,bus ,pick up,)



Kontruksi Menyatu(Monocoque)
            Merupakan jenis konstrukdi bodi kendaraan diman bodi dan rangka tersusun menjadi satu keastuan.konstruksi ini menggunakan prinsip kulit telur yaitu,merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga semua beban terbagi merata pada semua bagian kulit. Pertautan antara bodi dan rangka menggunakan las.

            Karena bodi dan rangka menyatu ,maka bentuknya dapat menjadi lebih rendah dibanding dengan tipe composite sehinggga titik berat gravitasi lebih rendah menyebabkan kendaraan akan lebih stabil.Konstruksi ini digunakan pada sedan,bahkan beberapa kendaraan (Multi Purpose vehicle) mulai menerapkan konstruksi monocoq body




Jenis-jenis rangka

Berdasarkan bentuknya rangka kendaraan dibedakan menjadi beberapa macam yaitu :
1.     Rangka bentuk H
2.     Rangka Perimeter
3.     Rangka bentuk X
4.     Rangka bentuk tulang punggun/backbone
5.     Rangka bentuk lantai (platform frame)

Rangka bentuk H
Konstruksinya sangat sederhana ,mudah dibuat,banyak digunakan untuk kendaraan bus,truck.



Rangka perimeter
Rangka perimeter merupakan penyempurnaan bentuk H ,bodi menempel pada pinggir rangka sehingga posisi lantai dapat diturunkan.Penurunan lantai kendaraan akan menurunkan titik pusat berat kendaraan dan tinggi kendaraan sehingga pengemudian mantap,ruang penumpang menjadi lebih leluasa ,banyak digunakan untuk sedan




Rangka bentuk X
Konstruksi rangka balok terdiri atas dua batng rangka utama berbentuk memanjang disatukan dibagian tengah.Tempat pertautan dengan bodi dan pintu dapat dibuat rendah sehingga memudahkan keluar masuk kendaraan ,kuat terhadap putaran,digunakan untuk tipe sedan lama.



Rangka bentuk tulang Punggung (Backbone)
Kontruksi rangka merupakan rangka model tunggal,bagian tengah,memikul beban(punggung) dan lengan yang menonjol sebagai pemegang bodi.Konstruksi rangka semacam ini juga memungkinkan titik pusat berat kendaraan dibuat lebih rendah.Konstruksi rangka model ini sering digunakan untuk mobil penumpang dan truck.



Rangka Model Lantai (Platform frame)
Bodi dan rangka dilas menjadi satu,sehingga merupakan bentuk yang diintegrasikan ,memungkinkan ruang interior dibuat luas.Kelebihan lain penggunaan konstruksi rangka model ini adalah memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap bengkokan dan puntiran.

-Desain bodi Kendaraan




            Pada awalnya kendaraan diciptakan ,bodi kendaraan hanya berfungsi sebagai tempat penumpang agar terlindung dari panas dan hujan sehingga bentuknya sederhana karena dipengaruhi oleh perkembangan teknologi motor dan trend semakin maju,maka desain kendaraan mulai diperhatikan. Di industri pembuatan mobil,desain dari sebuah produk dirancang oleh beberapa ahli dari berbagai disiplin ilmu.

            Dalam mendesain kendaraan,perkembangan ilmu dari gambar teknik sangatlah cepat.Dari gambar teknik secara manual berubah menjadi gambar teknik dengan komputer desain(misalnya Auto CAD) bahkan rancangan tersebut sudah dapat disimulasikan apabila sudah dibuat sesungguhnya,baikdari bentuk,warna truktur bodi maupun aerodinamikanya.dengan teknologi komputer ini menyebabkan proses mendesain bodi kendaraan akan lebih cepat dan hasilnya akan maksimal.





Setelah digambar,maka kendaraan yang akan dibuat massal tersebut ,kemudian dibuat prototipenya.Prototipe pada awalnya dibuat dari bahan kayu,kemudian berkembang dibuat dari bahan wax(lilin) dan clay (tanah liat,lempung ) yang relatif mudah dibentuk




Ukuran dari prototipe bisa dibuat dengan ukuran sesungguhnya,atau juga dapat dibuat dengan skala (biasanya diperkecil) .Selama membuat prototipe tersebut ,diperlukan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang sebaik mungkin,bahkan sampai pada sudut kecil dari kendaraan.

            Terdapat 3 komponen penting dalam perancangan bodi kendaraan yaitu:

1.     Desain Eksterior
2.     Desain interior
3.     Desain warna dan trim
Seorang perancang bodi eksterior bertanggung jawab mendesain bodi secara keseluruhan yang terlihat dari luar ,baik dari depan,belakang,samping kanan dan kiri ,atas maupun bawah dari kendaraan.



            Perancang bodi interior bertanggung jawab mengembangkan bagian dalam kendaraan seperti kursi,ruangan,dashboard,trim dan sebagainya .rancangan tersebut harus memenuhi aspek ergonomi,estetika dan kenyamanan penumpang.Seperti halnya dengan eksterior,bagian interior juga dibuat prototipe terlebih dahulu.dengan cara ini,diharapkan kendaraan yang akan dibuat nanti memenuhi rancangan sebelumnya dan bisa mencoba untuk dirasakan . berikut ini teknisi yang sedang mendesain interior

Gambar pembuatan model interior mobil

            Sedangkan perancang warna dan trim bertanggung jawab  meneliti ,mendesain dan mengembangkan warna dan bahan yang digunakan dalam eksterior maupun interior kendaraan.Termasuk didalamnya adalah car dan pengecatan serta bahan-bahan yang digunakan seperti plastik,karet,vinil,kulit ,headliner,karpet,fiberglass dan lain sebagainya.ketiga tim desainer ini harus bekerjasama untuk membuat sebuah kendaraan yang kompak.





Mesin
          Mesin atau motor merupakan sumber tenaga dari kendaraan .Dilihat dari jenisnya,motor terdiri dari motor listrik,motor nuklir,motor bakar dan lain sebagainya.Khusus untuk motor bakar ,berdasarkan lokasi terjadinya pembakaran,mesin dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
1.     Mesin pembakaran luar (external combution engine )contoh mesin uap
2.     Mesin pembakaran dalam (internal combustion engine )seperti mesin bensin,mesin diesel dan mesin wankel
Kebanyakan mesin pada mobil menggunakan mesin pembakaran dalam denga n memanfaatkan piston,dan yang selalu dikembangkan saat ini adalah mesin bensin dan mesin diesel.
      Untuk mendapatkan tenaga gerak kendaraan,diperlukan energi panas yang diperoleh dari proses pembakaran .untuk menimbulkan energi gerak tersebut dibutuhkan beberapa elemen pendukung yaitu:
·        Udara,bahan bakar ,panas
·        Gerak bolak balik dan gerak berputar
·        Kompresi pada campuran udara bahan bakar
·        Siklus mesin

Syarat terjadi pembakaran meliputi bahan bakar (premium,solar,biodiesel dan lainnya),oksiden dan panas (sistem pengapian pada mesin bensin atau panas kompresi pada mesin diesel) proses pembakaran ini akan berlangsung secara berurutan dalam suatu siklus kerja yang akan berulang-ulang.Siklus kerja ini terdiri dari:
1.     Mengisi silinder dengan campuran yang mudah terbakar(Langkah isap)
2.     Menekan campuran tersebut sampai pada volume tertentu(Langkah kompresi)
3.     Menyalakan campuran sehingga mengembang dan menghasilkan tenaga (langkah usaha)
4.     Mengeluarkan gas-gas yang telah terbakar dari dalam silinder (langkah buang)






Keempat langkah tersebut secara berurutan dengan langkah isap,kompresi,usaha ,buang,siklus mesin sendiri dibagi menjadi 2 yaitu siklus mesin 4 langkah/tak dan mesin 2 langkah/tak.Mesin 4 langkah dalam satu siklusnya terdapat 4 langkah piston,2 keatas dan 2 kebawah .sehingga dalam siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros engkol.sedang mesin 2 langkah dalam satu siklusnya terdapat 2 kali langkah piston 1 keatas dan 1 kebawah,dibawah dicapai dalam 1 putaran poros engkol.

            Besarnya tenaga daya motor yang dihasilkan oleh suatu mesin tergantung dari:
v Volume silinder
v Diameter silinder
v Perbandingan kompresi
v Efisiensi volumetric
v Efisiensi Thermis
v Efisiensi mekanis
Kapasitas mesin dinyatakan dalam satuan cc (centimeter cubic) atau juga liter.kapasitas mesin ini juga bisa dijadikan indikator besarnya tenaga ferak yang akan dihasilkan,walaupun demikian untuk cc yang sama belum tentu memiliki tenaga yang sama.Terdapat variabel diameter piston,langkah engkol maupun konstruksi dari mesin itu sendiri .kapasitas silinder diperoleh dari rumus



















No comments:

Post a Comment