Tuesday, July 25, 2017

Peralatan pencegahan kebakaran LENGKAP!!!

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh . Pasti sudah tahu alat kebakaran ya .alat kebakaran bukan hanya ada di Mobil pemadam Lho. Tetapi ada yang ditempatkan dirumah di industry dsb.






Peralatan pencegahan kebakaran
1.     APAR/Fire extinghuiser/Racun api
Peralatan ini merupakan peralatan reaksi cepat yang multi guna karena dapat dipakai untuk jenis kebakaran A,B dan C .peralatan ini mempunyai berbagai ukuran beratnya ,sehingga dapat ditempatkan sesuai dengan besar kecilnya resiko kebakaran yang mungkin timbul di daerah tersebut,misalnya tempat penimbunan bahan bakar terasa tidak rasional bila disitu kita tempatkan racun api dengan ukuran 1.2kg dengan jumlah satu tabung .Bahkan yang ada dalam tabung pemadam kebakaran tersebut ada yang dari bahan kimia kering,foam/busa dan CO2,untuk Halon tidak diperkenankan di Indonesia.



2.     Hydran
Ada tiga jenis hydran yaitu:
Ø  Hydran gedung
Ø  Hydran halaman
Ø  Hydran Kota
Hydran gedung ditempatkan di gedung,Hydran halaman ditempatkan dihalaman,Hydran kota ditempatkan dibeberapa titik yang memungkinkan unit pemadam kebakaran suatu kota mengambil cadangan air.
3.     Detektor Asap
Peralatan yang memungkinkan secara otomatis akan memberitahukan kepada setiap orang apabila ada asap pada suatu daerah maka alat ini akan berbunyi ,khusus untuk pemakaian dalam gedung

4.     Fire Alarm
Peraltan yang  digunakan untuk memberitahukan kepada setiap orang akan adanya kebakaran disuatu  tempat.
5.     Sprinkler
Peralatan yang dipergunakan khusus dalam gedung,yang akan memancarkan air secar otomatis apabila terjadi pemanasan pada suatu suhu tertentu pada daerah dimana ada sprinkle tersebut

Materi dan gambar ini saya peroleh dari buku BSE Teknik Bodi Kendaraan yang ditulis oleh gunadi dan gambar dari google
Semoga anda menikmati dan memanfaatkan ilmunya sebaik-baiknya.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabaraktuh

No comments:

Post a Comment