Saturday, November 28, 2015

Komponen-Komponen Penyusun Ekosistem

Komponen-komponen penyusun ekosistem
                Ekosistem tersusun oleh dua komponen utama,yaitu komponen abiotik dan komponen biotik.
a.     Komponen Abiotik
Komponen abiotik merupakan komponen fisika dan kimia yang mempengaruhi kehidupan organisme dalam suatu ekosistem.Jenis-jenis komponen abiotic yang terdapat dalam suatu ekosistem sebagai berikut.
1)Air
            Air terdiri atas molekul-molekul H .air dapat berwujud padat,cair,dan gas .Dalam kehidupan,air sangat diperlukan oleh mahluk hidup karena sebagian besar tubuhnya mengandung air.Air dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme.bagi hewan dan manusia ,air diperlukan untuk minum dan sarana hidup lain seperti transportasi bagi manusia serta merupakan tempat hidup bagi ikan.
2)Udara
            Udara terdiri atas berbagai gas antara lain nitrogen (78,09%),oksigen (20,93%),dan karbon dioksida (0,03%).nitrogen diperlukan mahluk hidup untuk membentuk protein .Oksigen digunakan mahluk hidup untuk bernapas .Karbon dioksida digunakan tumbuhan untuk melangsungkan proses fotosintesis.
3)Cahaya Matahari
            Cahaya matahari merupakan sumber energy utama bagi mahluk hidup.Cahaya sangat diperlukan bagi semua tumbuhan hijau dan bakteri fotosintetik untuk melangsungkan proses fotosintesis .Dari proses fotosintesis inia akan dihasilkan karbohidrat yang merupakan sumber energy bagi tumbuhan itu sendiri ,hewan ,maupun manusia.selain itu ,dari proses fotosintesis  akan dihasilkan oksigen yang sangat diperlukan untuk pernapasan mahluk hidup.Penyebaran cahaya di bumi tidak merata sehingga organisme harus menyesuaikan diri dengan kingkungan yang intensitas udaranya berbeda.
4).Kelembapan
            Kelembapan udara berarti kandungan uap air di udara.Kelembapan udara dipengaruhi oleh intensitas cahaya matahari yang diterima dan kadar uap air di udara.Kelembapan udara mempengaruhi kecepatan penguapan air dari permukaan tubuh organisme. Dengan demikian,kelembapan udara sangat menentukan kemampuan organisme dalam bertahan dari kekeringan.Tingkat kelembapan yang diperlukan setiap mahluk hidup berbeda-beda,misalnya jamur dan cacing memerlukan tempat yang sangat gelap.
5).Suhu
            Tinggi rendahnya suhu udara sangat ditentukan oleh intensitas cahaya matahari yang diterima .Semakin tinggi intensitas cahaya matahari yang diterima maka suhu udaranya akan semakin meningkat.Setiap mahluk hidup memiliki batas minimal,optimal, dan maksimal terhadap suhu tertentu .Hal ini karena reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh mahluk hidup memerlukan enzim dan enzim dapat bekerja secara optimal dala kisaran suhu tertentu,misalnya beberapa jenis burung bermigrasi ke tempat yang memiliki suhu sesuai untuk berkembang biak.
6).Angin
            Angin berperan penting terutama bagi tumbuhan yaitu untuk membantu penyerbukan serta penyebaran biji dan spora.
7).Tanah
            Tanah berfungsi sebagai tempat hidup berbagai jenis organisme.Tanah berasal dari pelapukan batuan.Jenis tanh yang berbeda memiliki sifat,tekstur,dan kandungan garam mineral yang berbeda pula.Akibatnya,organisme yang hidup didalamnya juga berbeda.Tanah yang mengandung banyak unsur hara sangat diperlukan oleh organisme untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Sebagai contoh, tumbuhan akan tumbuh dengan baik pada tanah yang subur.
8).Topografi
            Topografi adalah letak suatu tempat dipandang dari ketinggian di atas permukaan air laut(altitude) atau dipandang dari garis bujur dan garis lintang (latitiude).Topografi yang berbeda mengakibatkan perbedaan penerimaan intensitas cahaya,kelembapan,tekanan udara,dan suhu udara.Oleh karena itu,topografi mempunyai pengaruh yang besar terhadap distribusi mahluk hidup terutama tumbuhan.
9).Iklim
            Iklim merupakan keadaan cuaca rata-rat di suatu tempat yang luas dalam waktu yang lama(sekitar 30 tahun)yang terbentuk oleh interaksi berbagai komponen abiotic seperti kelembapan udara,suhu,curah hujan,dan cahaya matahari .Iklim mempunyai hubungan erat dengan komunitas tumbuhan dan kesuburan tanah .Di daerah yang beriklim tropis,seperti Indonesia memiliki hutan yang lebat dan kaya akan keanekaragaman hayati yang disebut hutan hujan tropis,sedangkan didaerah subtropics tidak dijumpai adanya hutan hujan tropis.
b.Komponen Biotik
            Komponen biotik meliputi semua jenis mahluk hidup.Setiap komponen biotik berinteraksi dengan komponen biotik lainnya untuk memenuhi keperluan hidupnya terutama berkatitan erat dengan makanan dan tempat tinggal.Menurut peranannya ,komponen biotik dibedakan menjadi produsen,konsumen,decomposer,dan detritivor.
           
1).       Produsen
                        Semua produsenn dapat menyintensis makanannya sendiri sehingga disebut organisme autotroph.Produsen menyintensis sendiri senyawa organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi matahari melalui proses fotosintesis.Produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain.jadi,kelangsungann hidup organisme lain sangat tergantung pada produsen.Organisme yang tergolong produsen yaitu organisme yang memiliki klorofil seperti tumbuhan,beberapa jenis bakteri, dan ganggang hijau biru
2).       Konsumen
            Semua organisme yang termasuk konsumen tidak dapat menyintensis makanannya sendiri (heterotof).Konsumen mencerna/atau menelan seluruh atau sebagian organisme lain untuk memperoleh bahan organik.kelompok ini meliputi semua hewan dan manusia.Berdasarkan jenis makananya<organisme yang berperan sebagai konsumen dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu herbivora,karnivora,dan omnivora.
A).        Karnivora yaitu pemakan daging,misal harimau dan serigala.
B).        Herbivora yaitu pemakan tumbuhan,misal kambing dan kerbau.
C).        Omnivora yaitu pemakan tumbuhan dan daging,misal ayam,tikus,dan manusia.
             
Konsumen dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan berikut.
A).        Konsumen tingkat pertama (konsumen primer) merupakan konsumen yang memakan tumbuhan secara langsung, misal hewan pemakan tumbuhan (herbivora).konsumen  tingkat pertama,antara lain zooplankton,ulat,belalang,sapi,kerbau,kambing,dan kuda.
B).        Konsumen tingkat kedua (konsumen sekunder) merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat pertama atau (primer).Konsumen kedua merupakan hewan pemakan daging (karnivora).misal burung pemakan ulat dan katak pemakan belalang.
C).        Konsumen tingkat ketiga (tersier) merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat kedua  misal ular pemakan katak atau burung elang pemakan burung pemakan ulat.
D).       Konsumen tingkat ketiga (konsumen puncak) merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat ketiga.
3).Dekomposer
            Dekomposer atau pengurai merupakan organisme yang mampu merombak sisa produk organisme atau organisme yang mati atau bangkai menggunakan enzim pencernaan yang dimilliknya.Dekomposer menyerap sebagian hasil penguraian tersebut dan melepaskan zat-zat anorganik sederhana yang akan digunakan kembali oleh produsen.Organisme yang termasuk dekomposer yaitu bakteri dan jamur.
4).Detritivor
            Detritivor merupakan organisme yang memakan serrpihan-serpihan organik (detritus).Detritus merupakan hancuran jaringan mahluk hidup baik hewan maupun tumbuhan.contoh organisme detritivor yaitu siput,,keluing,cacing tanah , dan kutu kayu.





               




No comments:

Post a Comment